Review 2.1 Multimedia Speaker : Altec Lansing VS4621 (Octane 7), dbE SP77, Edifier C1 dan Thonet & Vander Grub
Ditulis Oleh Likaliku, 18/03/2012

Tiba-tiba aku mulai kembali semangat buat ngebangun multimedia center yang basisnya PC, so awal Februari lalu aku mutusin buat ngupgrade sebagian besar jeroan PC ku di rumah, yah itung itung memberdayakan kembali PC tempurku n LCD 32 inch. PCnya dah OK, LCDnya juga mantap banget, ada satu seh yang kurang, tata suara alias speaker, lucu khan klo semuanya dah OK tp pas nonton Battle Los Angeles suaranya cempreng...kekekke...jadi kebayang 3-4 tahun lalu, iyah...itu lho..masa masa tak beradab, nggeber speaker sampe geterin dinding!!

Kebayang Altec Lansing Value Select 4100-ku dirumah yang akhirnya harus terkapar karena kelelep banjir bandang setahun lalu...karena itu...aku jadi bergairah tuk cari penggantinya, kalaupun tidak lebih dahsyat dari sebelumnya, setidaknya menyamailah. Ngeliat kantong sepertinya budget agak mepet, bukannya ndak mau abis-abisan, tapi target buat nebus rumah ndak boleh keganggu cuma gara gara speaker, akhirnya diputusin anggaran terbatas 1 juta rupiah. Anggaran ini langsung mewajibkan aku tuk ngehapus Home Teather sebagai salah satu daftar buruan, karena over budget !! HT yang ok kisaran harganya 3-4 juta rupiah.

Eng ing eng perburuan pun dimulai, tanpa mengurangi rasa hormat kepada merek merek macam Simbadda, Sonicggear atau merek "Kajol a.k.a speaker dangdut" yang tidak ada dalam list perburuan, yang dikepala cuma ada nama nama besar macam Altec Lansing, Creative dan Logitech, tanpa menghilangkan alternatif lain seperti Edifier dan Phillips. Berhubung daftar perburuan masih agak melebar maka aku coba mempersempit lagi dengan menghapus Creative dan Phillips, Creative dihapus karena masih ada rasa trauma dengan kualitas speaker 2.1 nya seri T3030 yang sangat mengecewakan ( dulu sempat beli cuma dipake seminggu n dijual lg) dan Phillips dihapus karena emang nyari speakernya rada susah.

Setelah terfokus pada merek-merek besar, maka yang mesti aku lakuin selanjutnya adalah milih tipe speakernya, berhubung dibudget 1 juta, maka aku akan fokus pada speaker 2.1, karena aku yakin kalau dikelas 5.1 dengan budget 1 juta rasanya berat buat ngedapetin speaker yang ok...!!! dan setelah membaca beberapa review akhirnya pilihan jatuh di beberapa speaker yang range harganya 700 rban, pilihan yang muncul antara lain : Altec Lansing VS4621, dbE SP77, Edifier C1 dan pendatang baru Thonet & Vander Grub. Dari review seh pemenangnya udah agak jelas, tapi terus terang aja...aku selalu percaya dengan petuah JANGAN MENELAN REVIEW MENTAH MENTAH !!!, karena setiap kuping itu bentuknya beda-beda n cara nerjemahin nikmatnya sebuah suara itu ndak sama. Jadilah aku putusin buat ngetes langsung tu masing-masing barang, dan tempat yang dituju adalah Mangga Dua Mall, yup mall khusus komputer ini emang punya banyak toko yang mejengin barang-barang diatas, dengan modal tebal muka n gaya yang agak meyakinkan, akupun keluar masuk toko.

Inilah hasil pengamatan kupingku (ceile...) :

Altec Lansing VS4621 (Octane 7)

Spesifikasi Lengkap

Review 2.1 Multimedia Speaker : Altec Lansing VS4621 (Octane 7)

Sebenarnya ini target operasi #1, karena mereknya emang udah ngejamin kualitasnya. Kesan pertama yang didapat dari speaker ini, Altec banget! Design dan finishing yang rapi, warna yang ok banget dan ukuran yang pas. Satellitenya tinggi menjulang, mirip dengan satellite lawas ATP3 yang tersohor. Samar-samar terlihat 2 speaker tweeter di balik kisi-kisi satellitenya, dibagian bawah dan kebetulan emang menghadap kebawah ada speaker medium full range. Pada satellite kanan, ada pengontrol volume, bass, treble, power dan colokan Aux. Untuk sub woofernya sendiri dimensinya lebih kecil dari ATP 3, finishingnya dari kayu berwarna hitam dengan speaker woofer menghadap kedepan. Nah masalahnya, itu speaker woofer kok ndak ditutupi dengan pelindung ya? agak riskan kalau ditaruh sembarangan apalagi Alif lagi belajar-belajarnya ngenalin barang, bisa-bisa dicolok tuh woofer.kekekek..

Setelah sempat "bekoyok" dengan si pemilik toko, akhirnya doi pun mempersilahkanku untuk menguji si Octane 7, berbekal ipod yang berisi beberapa lagu easy listening macam jason Mraz, lagu-lagu slow rock lawas sampe lagu nggeber milik om Pitbull, pengujian pun dimulai. Standar aja aku mulai dari posisi Volume 0, Bass 0 dan Treble O, disini aku kecewa karena ternyata tidak mendengar suara apapun (geblek..!!! yaiyalah...). Okeh ini yang bener, aku putar dari lagu top billboard yang jujur aja aku lupa judulnya apa, tapi lagunya mirip2 lagu katy perry gt...Volume 50% bass 40% dan treble 60%, Awesome..!! semuanya dapat, gebukan bassnya pas, detailnya jg dapat, karena cukup sukses aku coba maenkan volume ke posisi 80% dan semua baik-baik saja, suaranya udah berhasil memenuhin ruangan toko yang berukuran 4x4 m tersebut. Aku coba putar lagu dari pitbull yang agak ngebeat...masih di posisi yang sama, suaranya lumayan juga, lalu aku coba naekkan bass ke 70%, disinilah aib itu kebongkar..!!! Untuk pertama kalinya dalam hidupku, aku mendengar speaker keluaran Altec Lansing bassnya Sember n pecah!!! Bassnya berserakan kemana-kemana keteteran sama lagunya. Untuk menyakinkan aku sampe nanya ke pemilik toko, beneran neh speaker baik-baik aja? kok bassnya pecah..bener-bener sangat disayangkan.

Cukup, aku ndak mau ngelanjutin lagi, aku cuma bisa bilang, kalau kalian pecinta berat merek Altec Lansing dan suka model yang stylish, speaker ini masih layak tuk dibeli, tapi dengan catatan ! Bassnya jangan kenceng-kenceng yang itu artinya, jangan berharap bisa nggeterin dinding. Jujur aja, Aku bener-bener shock, karena teoriku selama ini mengenai Altec Lansing, luluh lantak di speaker ini..

 

dbE SP77

Spesifikasi Lengkap

Review 2.1 Multimedia Speaker : Altec Lansing VS4621 (Octane 7), dbE SP77, Edifier C1 dan Thonet & Vander GrubReview 2.1 Multimedia Speaker :  dbE SP77

dbE yang kukenal adalah perusahaan pembuat earphone berkualitas, masih inget beberapa tahun lalu, waktu aku masih suka gonta-gonta earphone tuk ipod, dbE selalu dilirik, karena emang kualitas suaranya yang mumpuni. Aku juga agak aneh begitu tau kalau ternyata dbE juga buat speaker multimedia kelas value. namanya dbE SP77, sekilas modelnya mirip speaker jadul, satellitenya berbentuk kotak dengan subwoofer besar yang memanjang. Kesan pertama ngeliat fisiknya, jujur aja menurutku neh speaker kurang rapi finishingnya. Seperti terburu-terburu diselesaikan. Samar-samar terlihat ada 2 speaker pada satellite, perkiraanku yang atas (kecil) adalah tweeter, sementara yang bawah (sedang) ada fullrange, satellite berukuran lumayan besar namun masih tetap kompak. Sub Woofer terlihat cukup mantap, dengan pengontrol volume yang besar, pengatur bass, colokan headphone dan AUX pada bagian depan. Sementara untuk tombol power ada dibagian belakang.

Aku langsung kehilangan mood untuk mencoba ini speaker ketika lagu pertama diputar sama pemilik toko, ohya kali ini aku berada di toko yang berbeda dengan yang sebelumnya, dan lagu yang diputar menggunakan komputer display yang ada di toko tersebut. Doi muterin sebuah lagu rock yang agak asing kudengar, kesan yang kudapat, detail lagunya kacau, bassnya lumayan mantap walaupun ndak begitu kerasa di dada. Aku coba minta agar equalizer dari player di komputer dimatikan saja, n kemudian doi pun memutarkan dangdut Malinda - Cinta Satu Malam, ntahlah, aku cuma ngerasa kok aku kayak sedang ngenderin speaker dari tukang vcd di pinggir jalan ya. Apa ya, suaranya berserakan banget, power bassnya boleh laah, tapi detailnya kacau balau.

Mungkin karena mood dah ilang akibat kecewa dengan kualitas finishing dan kualitas suaranya, aku langsung menyudahi tes speaker cuma sampai disini. Agak kurang adil memang, tapi ntah kenapa, aku ngerasa speaker ini jauh banget dari review banyak orang yang bilang kalau speaker ini sangat layak untuk dibeli. Dengan harga 400rb..wajarlah....

 

Edifier C1

Spesifikasi Lengkap

Review 2.1 Multimedia Speaker : Edifier C1

Kesan pertama yang didapat ketika melihat speaker ini adalah Mantap, Designnya biasa aja, namun semuanya terlihat padat, Satellitenya oldskul banget berbetuk petak dengan garis tweeter yang cukup rapi, satellitenya tipis banget, dibawah ada full range berukuran sedang bersanding. Subwoofernya berbetuk petak dengan design dan warna yang kokoh, penutup woofer terbuat dari bahan kawat tipis yang membuat sub woofernya terlihat semakin gahar. Aku sempat coba mengangkat sub woofernya, dan emang lumayan berat dibanding 2 speaker diatas. Nah yang unik justru amplifiernya yang terpisah dari subwoofer, jadi ndak kayak speaker kebanyakan, sisi baiknya ini bisa jadi mempermudah peletakan dan setting posisi si speaker nantinya, namun sisi buruknya finishing kualitas amplifqiernya ini lho, mirip produk china, sekilas seh ok, tapi tuningnya itu yang keliatan ringan dan ringkih membuat produk ini sedikit tercoreng.

Pemilik toko memutarkan beberapa lagu lawas, lagu-lagu khas boulevard dengan kualitas suara yang ok punya, dalam posisi 70%, bass 40% dan treble 60%, vocal, detail dan bassnya cukup terasa, sumpah, bener-bener terasa. gebukan bassnya juga sedap buat didengar walaupun ndak terlalu dalam. Saat posisi bass di 100% dan treble 100%, detail semakin terasa dengan gebukan bass yang lebih mantap walaupun masih belum mampu menggetarkan dada. Aku coba maksimalkan volume pada posisi volume di 100%, disinilah aku agak sedikit goyah, ternyata powernya kurang, pada posisi ini peningkatan suara terbilang tidak terlalu seignifikan dengan posisi 50% Alhasil toko pun tetap tidak terlalu berisik. Namun sisi baiknya detail musik yang didengar jadi makin kental terdengar. Menurutku speaker ini sangat pas buat audiophiler kelas pemula, yang lebih mementingkan kualitas detail suara ketimbang power yang berlebihan. Cukup layak untuk dipertimbangkan oleh pecinta musik.

Ohya, disini aku juga sempat mencoba speaker atasnya yaitu Edifier C2, kesimpulanku powernya cukup baik dan lebih mantap dari pada si C1, detailnya jg lebih terasa , namun bassnya terasa agak mendem. Kelebihan C2 yang signifikan terletak pada remotenya yang memungkinkan kita untuk mengatur dari jarak jauh. Nice touch by Edifier.


Thonet & Vander Grub

Spesifikasi Lengkap

Review 2.1 Multimedia Speaker : Thonet & Vander Grub

Pertama dengar namanya, aku kesulitan buat menghapalnya, yang jelas ini bukan produk yang biasa di jajaran pembuat speaker komputer. Aku coba mengunjungi langsung websitenya, disanalah aku baru tau klo induk perusahaaan ini ada di Jerman. Websitenya cukup mencerminkan keseriusan mereka untuk menggaet pasar. Profesional look dengan informasi yang sangat lengkap. Yup bener saja, setelah googling, baru aku tau kalau produk ini baru setengah tahun masuk Indonesia. Varian yang disedikan cukup banyak dan sepertinya speaker ini bermain di pasaran orang-orang serius yang mengutamakan kualitas suara, karena banyaknya model Bookshelf speaker pada jajaran produknya. Aku coba menyesuaikan budget, dan akhirnya jatuhlah pilihan pada T&V Grub dengan harga 600 rb.

Aku dapat Informasi dari Kaskus kalau di Mangga Dua Mall Lantai IV ada stand resmi untuk audisi seluruh produk T&V. Dengan langkah tegap aku langsung menuju TKP. Seluruh produk ada disana, namun aku ndak mau berlama - lama, aku langsung ke target operasi kita, yuk Grub. Kesan pertama yang aku rasakan, speaker ini bluk persis sama dengan dbE SP77 yang udah kita coba diatas, bener-bener sama ndak ada bedanya, bentuk satellite, posisi tuning dan bentuk sub woofernya IDENTIK !! wah ada apa ini, bagaiman mungkin ada 2 produk dari 2 pabrikan yang berbeda punya produk sama persis? siapa meniru siapa? ah sudahlah, ndak usah dipikirkan, yang jelas berbeda adalah finishing touch si T&V yang jauh lebih rapi, tidak ada kesan murahan dan subwoofernya berat banget. Dengan menghiraukan si dbE SP77 aku harus bilang dari segi fisik, T&V Grub top markotop.

Kebetulan pihak pengelola sudah menyediakan source suara, so langsung aja ya. Saat itu lagu yang sedang diputar adalah lagu-lagu Ari Lasso bergenre Pop-Rock. Pada posisi Bass 0%, Treble 0% dan volume 30%, aroma power sudah cukup kental terasa, namun bass dan trebel terasa hambar. Lalu aku coba menaikkan Treble pada posisi 100% dengan bass 75% dan Volume 40%, wew aku agak tertegun, detailnya dapat banget dan reflek gebukan bass juga terasa lancar mengikutin ritme lagu, Volume aku naikkan menjadi 60%, stand tersebut sudah penuh dengan suara, ndak puas di angka 60% aku naekkan lagi hingga berada di posisi 80-90%, space ruangan serasa abis, dan yang membuat aku langsung jatuh cinta adalah pada kondisi volume nyaris mentok, Detail suara masih terasa sangat baik, hentakan bass juga sangat mantap dengan kualitas vokal yang masih terjaga. Tidak ada indikasi speaker ini jeber, semua terasa seimbang.

Tanpa banyak ragu lagi, aku pun langsung memboyong speaker ini dari toko Bengkel-pc.com yang ditunjuk sebagai penjual resmi T&V di Mangga Dua Mall. Harga yang tertera adalah 600 rb, namun aku dapat diskon langsung 10 rb, lumayanlah untuk pengganti uang parkir.kekekek..yang perlu diperhatikan sekarang adalah After Sale service dan daya tahan produk ini, maklumlah namanya juga pemain baru, jadinya belum terlalu teruji. Mari kita doakan !!!

Sekian review kali ini, semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan topik-topik hangat berikut :

 

Update : 29/12/2012, 02:24 WIB

Bookmark and Share

Komentar
wahnjik
18/03/2012, 19:08 WIB
"...wadooooh racuun,.. neeeh,.. ;capedes:..."
Likaliku
18/03/2012, 19:14 WIB
"...wakkwakwa...woi pa kabar......"
ahmadyani
18/03/2012, 19:48 WIB
"...untunglah penjualnya ngak komplain....
barang mau bagus harga mau murah...lugi lahhh..."
Likaliku
19/03/2012, 01:24 WIB
"...cincailah koko........"
brohydro
19/03/2012, 13:47 WIB
"...yang pake remote seri berapa yak hehe..."
Likaliku
19/03/2012, 14:06 WIB
"...woi...cemana? dah ngi bahasa kebon ko wak..kekekke..."
Boydul
10/06/2012, 00:51 WIB
"...Ruacun dunia but nice review bro...

jadi pingin nebus si Grub brag nih...
..."
Likaliku
17/06/2012, 03:27 WIB
"...Grubnya dijamin memuaskan masbro.....aye geber mentok tiap weekend.....asli geter2 semua....kekekekek..."
Mr6ta
10/07/2012, 07:15 WIB
"...Thonet & Vander rasanya masih banyak yg baru tahu di Indonesia tapi kalo diluar negeri mah, ini saingan berat JBL sama speaker kelas atas macam bose karena memang dia bisa menyediakan kualitas suara yg prima dan harga yang bersahabat brader :)..."
Likaliku
13/07/2012, 03:28 WIB
"...ehm bener gan...kualitas nya emang mumpuni banget..mindset aye sama merk speaker mpe berubah gara gara si grub..kekeke..."
t&v nubie
01/08/2012, 22:05 WIB
"...ane baru beli, n masih nunggu barang ready.. denger review nya c bikin ane gk sabar nih,,, denger2 semua review buat harga segitu, mantap banget kayaknya.. gk sabarrrr... makasih ya bt reviewnya...."
Likaliku
02/08/2012, 12:30 WIB
"...Aye jamin tokcer masgan...kekeke...bener bener barang maknyus.....ndak sebanding ma harganya yang value....hehehe..."
Draco
06/09/2012, 21:32 WIB
"...Beneran SP77 suaranya gitu masbro???
temen ane juga punya manteb (ane yang nyaranin beli)
kalo standarnya emang gak semanteb grub harga juga beda 50%
waktu audisi diputer lagu2 kualitas jelek paling (mp3 64kbps)
soalnya SP77 am Grub agak sensitif am source lagu
jujur SP77 jauh lbh baik dari Octane 7 Altec lansing yang harganya lbh mahal....
Grub mah manteb bgt, bassnya deep gak boomy kyk sp77, tapi kuantitasnya kalah am SP77, secara kualitas bass lbh baik grub
detail am vokal juga lbh dapet Grub daripada "saudaranya"
tapi untuk harga 400rb SP77 msh sulit ditandingi
oh ya Grub am SP77 tweeternya palsu lho????
cuma ad driver mid aj gakda tweeternya, tweeternya cuma pajangan..."
Likaliku
08/09/2012, 02:27 WIB
"...Menurut kuping aye, pas waktu ngetes di M2M seh..si SP77 kacau..bener2 kayak speaker dangdutan...ndak yakin deh apa karena lagu yang dipilih kompresi jelek apa gmn...tp buat ngedrop dah pokoknya....klo yang grub....maknyus.....hehehehe......"
Draco
08/09/2012, 14:26 WIB
"...Grub emang bgus, karakter suaranya gak terlalu ngedark n warm kyk SP77 malah cenderung bright, bass juga lbh deep n kualitas suara bassnya lbh baik walau kuantitasnya kalah am SP77
SP77 bassnya rada boomy, vokal lbh laidback tapi tebel
kalo treble karna emang gakda tweeter ya gak kerasa sih mnurut ane
Grub padahal juga sama tapi mungkin karna kualitas driver satelit yg lbh baik msh cukup tercover kekurangan treblenya
Octane 7 yang bikin Heeh?????
koq gini???
Subnya gak bsa bernyanyi hanya mendengkur wkwkwkwkwk
ane jadi kecewa am ALtec, padahal ATP3nya manteb..."
Likaliku
10/09/2012, 03:07 WIB
"...terakhir aye make Altec seri VS 4100...masih buat aye banggalah.....
semuanya masih ciamik...khusus yang octane 7 emang ada pengecualian dikit....kurang kurang gmn gt...mana subwoofernya ngadap ke depan tanpa penutup pula.....BTW...gan draco pengguna speaker entry level jg? jangan jangan nyamar neh......"
Likaliku
10/09/2012, 03:20 WIB
"...soal tweeter SP77 yang palsu...mang rada lucu jg dengernya..hehehe...kok masih ada yak yang maen begituan...nah cuma yang aye bingung...si grub ama SP77 kok modelnya bisa mirip gt gmn ceritanya yak...apa jangan jangan neh speaker bundlingan dari UKM china....jadi kayak kayak handphone gt.....tinggal pesan mau spek apa...ntar dibuatin...yang punya merek tinggal nempel logo aja di barangnya......."
lung14
22/09/2012, 20:45 WIB
"...gan tau ga klo sp77 tuh keluaran taun brp?klo keluaran 2011, brt sp77 tiruan grub tuh, soalny grub di facebook t&vny ud dipajang sejak agustus 2010. wah ada2 aja ya,jd penasaran sama sejarahnya,,wkwkwkw,,,syapa pertama meniru syapa, klo t&v d rakit di indonesia juga kah?spt dbe?..."
Likaliku
23/09/2012, 00:29 WIB
"...kyknya sementara ini T&v ndak dirakit di Indonesia deh...tapi di China...soalnya di kotak grub aye ada tulisannya " Diimpor oleh bla bla bla..."...and tentunya ada tulisan Made in China......"
lung14
24/09/2012, 00:35 WIB
"...hooo,,,ic2,,,jd yg niru syapa nih?wkwkwkw,,,, akhirny gan, saya beli grub :D td d sana sempet galau, soalny ad sp99 v2 harga lebih murah drpd harga pasaran. ud d audisi sih,emang power lebih gede,n subnya clean banget.asalny galau dulu, akhirny mo bli sp99,eh taunya barang tgl yg d etalase aj :(, jadiny saya mutusin bli grub deh jadinya :D. sedikit kecewa awalny,,,hahaha,,,soalny baca2 review sp99 banyak yg muji2 gitu subnya bagus. sedikit kecewa campur seneng, akhirny barang nyampe rumah,langsung saya coba,,, jeng jreng,,,, ternyata emang saya suka karakter grub ini gan :D bassny sedikit boomy emang tp ternyata gw basshead jg nih :D, dengerin lagu, jantung gw ga karuan saking enaknya,,,hahaha.volume 50% aj udah cukup, gede2 jg ga enak ke tetangga, :D vokal beneran enak :D,ga bkin ear vatigue.[ini blom burn in loh,plg kabel racny yg gw ganti jd dbe rm22]suaranya uda mantab,,,dr segi kemasan di \\\"banding saudaranya\\\"emang t&v lebih serius :)mogain awet nih,,hehe,,, thx masukannya,sukses blognya ya :D ..."
Likaliku
24/09/2012, 03:07 WIB
"...waduh...ndak jadi kebawa mimpi penasaran tuh..kyk gt...udah ngarepin SP99 malah jadi ngambil si Grub...hehehe...yah yang penting agan beli si grub krn kuping agan mang nyaman ma karakter suaranya yak...bukan karena kena pengaruh review...

klo aye ndak terlalu permasalahin boomynya karena aye denger reflek woofernya mantap ngikutin lagu lagu cepat...jadi tetap bisa nikmati getaran bassnya di dada...hehehe...

okeh deh gan..moga ndak kecewa dengan grubnya...ditunggu laporannya setelah ganti kabel......."
Draco
26/10/2012, 09:53 WIB
"...ane sih ud ndak maen Multimedia entry level
ud naek kelas sih
hehehehe
grub emang bagus ndak salah pilih ente
naek dikit mending ambil C2+ dari pada SP99, SP99 bgus Sub aj
satelit payah, mending Grub
Grub juga tweeter boongan
Sp66 ad juga mungkin bsa coba
mslh Grub am SP77 an Vigoole
itu merk sama bentuknya
ndak tw siapa yg asli
DBE kan emang rebranding?
SP99 kalo ndak salah produk microlab
SP88 yg kyknya asli tuh
heheheh
cuma Grub hrusnya 500rbu pas biar ndak bentrok am Dass n SP99
psti laku keras tuh Grub
justru speaker lbh banyak jam terbang lbh bgus
komponen matang smw (driver, capasitor and kabelnya)
bandingin aj beli baru am yg uda dipake 100 jam
lbh enak yg 100 jam
cuma mungkin karna barang pajangan ud dipegang2 orang jadi gmn gitu ya??
hahahahah..."
Likaliku
27/10/2012, 07:27 WIB
"...Ya klo ibarat kate gan...cantik cantik tp janda....wkawkakwakwa........."
obe
03/11/2012, 08:48 WIB
"...ad cara buat ngakalin suara bass nya Altec Lansing VS4621 yg pecah ngk..."
Likaliku
05/11/2012, 03:03 WIB
"...nah ini neh..pasti korban kecolok yak..kekek..paling klo dari aye...ente coba lengketin tuh membran yang pecah pake selotip itep yang tebel ntu...suaranyab pasti jadi ndak sember lg...cuma kurangnya ntar...bassnya jadi ndak reflek...soalnya tuh selotif rada berat akhirnya jadi mempersulit gerak si membran........"
anjar
01/05/2013, 09:14 WIB
"...ane malah kebalikan dari agan lung14
asalnya ane ngincer grub tapi apa daya udah muter2in toko elektronik di bandung ga nemu barangnya. akhirnya ane nemu sp99. diliat dari review di internet ternyata banyak yang muji kualitasnya, langsung deh ane beli dan ternyata emang memuaskan, bass subwoofernya nendang, suaranya jernih apa lagi di laptop ane pake sound blaster x-fi mod jadi lebih manteb lagi :D ..."
Likaliku
06/05/2013, 13:13 WIB
"...wah..intinya klo menurut aye gan...selama kuping agan puas dengan kualitasnya....nikmatin ajah...hehehe//..."
Kenny
07/08/2013, 13:15 WIB
"...waah gan gw jd survey barang, dan emang bener kata agan. mantap nih Grub, detailing suara ngalahin Altec, Edifier, apalagi dBe. kebetulan gw lg butuh speaker jg jd gw lgs beli ga pake pikir panjang :)..."
Gede
13/08/2013, 16:21 WIB
"...Sebelumnya makasi bnyak gan, kalo ga ketemu tulisan agan mungkin ane udah beli Altec Lansing VS4621 (inceran dari dulu). Sehari sebelum ane mutusin beli, ane coba browsing2 tentang Altec ini eh ga sengaja nemu blog agan, jujur ane syok dengan review agan (Belom pernah dengar nama Thonet & Vander). Keesokan harinya ane mutusin buat ngetes sendiri Thonet & Vander Grub di Manga Dua Mall, jujur merasa beruntung banget gan, suaranya mantab, detail suaranya juga keren, pacar ane aja yg dulunya ga ngerti soal speaker langsung jatuh hati, hehe. Thankyou ya gan reviewnya berguna sekali..."
Nurman
15/08/2013, 09:01 WIB
"...Gan, jadi kepengen neh......"
Likaliku
28/08/2013, 03:17 WIB
"...Duh jadi terharu agan agan semua...tulisan jadul aye msh dibaca...makasih yak......."
Likaliku
28/08/2013, 03:19 WIB
"...Sama sama gan Gede....aye jg maniac altec lho...tp tuk urusan speaker value...kali neh doi harus ngakui pesaingnya....

Moga awet grubnya......."
azka
25/10/2013, 02:04 WIB
"...saya suka gayamu memberikan review.jujur dan apa adanya.saya pernah beli barang jelek tapi reviewnya berlebihan.setelah saya bandingkan dengan barang lain yang harganya serupa malah dibawah itu,ternyata kualitasnya memang jelek.akhirnya saya jual.lucunya pembeli mau jual lagi dengan saya barang itu...terima kasih sobat..sering2 ya ngasih review seperti ini..."
Likaliku
25/10/2013, 03:01 WIB
"...Klo menurut aye ...dalam hal beginian kita ndak bisa jg nyalahin review...soalnya ini khan masalah selera gan...beda ama kita beli vga card ato processor....yang jelas terukur power n speednya...klo prinsip aye dari dl..baca review buat mempersempit target operasi aja seh ..tuk keputusan beli yg mana..kudu dites sendiri...hehehe........"
samabs
31/05/2014, 18:31 WIB
"...kenapa ndak nyoba yang 5.1 punya e logitec gan [logitec z506]..."
Likaliku
28/06/2014, 00:45 WIB
"...Budget berapaan tuh speaker gan?..."
johan cielers
06/07/2014, 13:26 WIB
"...masa sih sp77 sejelek itu.. klo ane liat dikaskus tuh bnyak yg muji ni produk.. kalo dibandingin ama sp77 rev2 gmana gan??..."
Likaliku
07/07/2014, 11:15 WIB
"...mgkn itu masalah selera ya gan....makanya aye lebih percaya ma kuping aye sendiri...kebetulan pas nyoba dbe SP kemaren...yang aye dengerin sepertinya speaker yang ndak enak didengar........"
Achmad19
21/07/2014, 07:32 WIB
"...patut dicoba nih grupnya. demen ama kualitas suara yg bagus untuk PC ane. hehe. boleh tau gan harga terbarunya sekarang berapaan ya? terus ada merk speaker dgn kualitas yg lebih bagus dikit dari T&V dan harga tidak jauh beda? lagi nyari speaker soalnya gan. hehe makasih...."
johan cielers
22/07/2014, 19:01 WIB
"...kalo kata temen ane itu karena sp77nya belom di burn-in gan. katanya sih speaker\\\" buatan dbe harus di burn-in dulu minimal 10jam gan. begitu sih katanya gan hehe..

oiya t&v grub udah gada yg baru lagi yah alias udah discontinue?..."
Likaliku
13/08/2014, 12:53 WIB
"...Kemaren sih yang aye coba dbenya itu barang display gan....klo barang display sepertinya jam terbangnya udah lumayan...sering dipake to......"
johan cielers
14/08/2014, 20:17 WIB
"...owh gitu ya.. jadi ragu ane.. tadinya ane mau beli tuh dbe..
kira" speaker apalagi ya yg worth diharga kurang dari 600rb. pengen grub jga tapi udah discontinue -_-..."
Likaliku
01/10/2014, 10:46 WIB
"...tapi ada baiknya agan lgsg ngetes barangnya di toko...jadi puas gt....."
ekarock26
02/10/2014, 15:43 WIB
"...Klo dbe sp77 v2 bass version vs tnv grub bagusan mana gan??
ane di bali jdi sulit audisi keduanya
mau nyari dbe sp99 udah gak nemu gan...
mohon pencerahana gan..."
Rikkie
05/10/2014, 05:39 WIB
"...Masih adakah yang jual T&V grub ini lg?
klo ada mohon infonya pengen beli tp ga tau dmn soal udh dicari2 jg skitaran @Medan.
Value yg diatas speaker itu apa ya, mohon infonya jg makasih..."
Raden Chengost
05/11/2014, 11:15 WIB
"...Selain GRUB, Tipe apa lagi keluaran T&V yang kualitasnya ok?
Or... utk taon 2014 speaker mana saja yg masih beredar di pasaran, dengan kualitas OK harga ga bikin boke........"
budi
14/11/2014, 11:53 WIB
"...@rikki : masih ada gan kemaren ane masih liat T&V grup di BEC bandung...harganya skitar 900an......"
misterajie.com
18/01/2015, 12:20 WIB
"...T n v selain grub ane pernah coba yg ratsel.. mantab deh asli. Diatas c2 xd.
Tp skarang ane cm pake c1 ples rm10, itu aja dah manteb...."
Likaliku
23/01/2015, 01:08 WIB
"...Ratsel kyknya diatas grub kelasnya kak...bassnya mirip seri dazz jama dulu....finishingnya mayan premium....top bgt kyknya......."
Andito
03/02/2015, 08:06 WIB
"...wah .. keren...
jadi pengen beli thonet...
mau tanya bro... klo yg speaker kecil yg bluetooth paling lumayan apa ya sob... pengen cari yg bluetooth nii..
08995016656..."
Antony
23/02/2015, 23:48 WIB
"...Sama mikrolab x221 bgusan mana gan detailnya?..."
kurniawan
01/03/2015, 18:48 WIB
"...Ane kemaren habis beli grub gan. di m2m 825..untuk yang bilang bahwa grub discontinue mungkin yang versi 1 ya? soalnya kan ada 2 versi ya kebetulan ane beli yang versi 2... kemaren sempat audisi nyobain yang grub versi 1 dan 2...untuk bassnya sepertinya lebih boomy yang versi 1 gan (yang mirip ama dbe sp77) tp untuk keseluruhan ane lebih suka yang grub versi 2 (yang cirinya ada gelang kuning di volumenya). Tapi setelah coba coba dirumah emang mantep ni grub.Kemaren sempat juga ngincer altec vs 4621 tapi berhubung habis baca review disini jadi ragu juga ane akhrnya ambil grub. dan alhamdulillah lumayan sesuai ama selera..sekarang lagi proses burn in. Btw untuk yang altec vs4621 yang katanya bassnya pecah/sember bisa juga karena powernya kurang, kalau ga salah hanya 28 watt rms kan ya..lain ama grub yang 48 watt rms mau digeber pun masih mantep suaranya ga pecah..

salam..."
fauzi
10/03/2015, 15:19 WIB
"...thank gan beberapa hari lagi T&V sudah bicara di kamar ane......"
badrus
14/06/2015, 22:40 WIB
"...Gan untuk t&v riss gmn reviewnya??tolong dibantu..."
paskal
24/06/2015, 16:50 WIB
"...Rekan2 sy jg ada rencana mw beli grub, tp tampaknya sdh mulai susah cari brg itu, terus ada informasi dari rekan2 kl microlab tmn9u ada yg pernah coba katanya suara jernih dan bass oke.
..."
yanto
09/12/2016, 21:46 WIB
"...Thonet & Vander Grub,emang mantap..."
Likaliku
27/12/2016, 09:21 WIB
"...lama ndak mantau....emang nih produk masih ada di pasar kah?
punya saya masih ajib sih......"
ipung
16/01/2017, 10:32 WIB
"...Mas..kalau prioritas untuk musik sscara keseluruhan(keseimbangan kejernihan vokal, treble dan bass) perbandingan antara grub sama x221 lebih bagusan mana ya?bass nya lebih nendang yang mana mas?makasih mas....."
Likaliku
16/01/2017, 12:51 WIB
"...X221 juga ajib tp aye ragu ama powernya..Blon nyobain bener bener..Jd Kurang Berani tuk ngasih penilaian lanjut....."
ipung
17/01/2017, 01:50 WIB
"...Iya seh mas..kalo dari spek nya x221 hampir mirip sama grub dari subwoofer nya jg. Trs sama2 48 W RMS ya klo ga salah kedua sama sub 20 W..tp ga tau deh power bass nya nendang yg mana...lagi bingung neh mas antara keduanya rekomended mana ya utk musik....."
Likaliku
17/01/2017, 13:28 WIB
"...tuk mempermudah agan, aye rekomendasikan Grub deh..karena dah terbukti yahud...hehhe......"
don
19/01/2017, 23:04 WIB
"...klo spiel 2.1 mantap gak gan maklum budget minim pengen raain jg t&v heheee..."
Likaliku
20/01/2017, 07:38 WIB
"...Klo boleh tau, agan Don budgetnya berapa??..."
Joko Wahyudi
04/02/2017, 18:40 WIB
"...Saya punya stok altec lansing 4100 masih baru kebetulan saya dapat dari Batam, saya suka koleksi altec lansing keluaran terdahulu
..."
Joko Wahyudi
04/02/2017, 18:44 WIB
"...Koleksi saya speaker altec acs 45.1,2 buah warna hitam dan putih, Atp 3 punya 3 buah, altec lansing 621 1 buah,altec lansing 4100 1 buah. Pengen cari altec lansing 641 belum ketemu. Sama altec lansing seri ADA 890. Tapi masih belum ketemu. ..."
Likaliku
17/02/2017, 16:00 WIB
"...vs4100 dijual om joko?..."
joko wahyudi
27/04/2017, 05:35 WIB
"...Maaf engga dijual mas. Maklum agak susah dicari sebab kondisinya masih baru belum pernah dipakai. Kalau mas bro mau beli. Saya lihat iklannya di olx ada mas. Coba aja tanya tanya. Barangkali masih ada yg belum laku terjual...."
Rusydi Emje
25/07/2017, 12:32 WIB
"...aseemmmm.... baru aja beberapa menit yang lalu ane beli Altec VS4621 seharga 950 rebu di Mataharimall.. eeaaakkkkk..."
Likaliku
01/08/2017, 15:57 WIB
"...masih ada kah om?..."