Review : Screen Hunter 5.1 Free
Ditulis Oleh Likaliku, 14/04/2010

Screen Hunter 5.1 Free

Salah satu pekerjaan yang cukup sering aku lakukan di kantor adalah "capturing" gambar, ntah itu menangkap gambar foto foto hotel client yang diambil dari website, gambar kesalahan layout ataupun gambar untuk kepentingan "update" portal kantor lainnya. Sebelumnya aku biasa menggunakan tombol kombinasi shortcut dari windows yaitu tombol PrintScreen lalu mem"paste" gambar tersebut ke photoshop dan diakhiri melakukan penyesuaian dimensi ( ukuran ).

Namun sejak ketemu Screen Hunter 5.1 Free, pekerjaanku jadi jauh lebih mudah. Kebayang khan pekerjaan yang sebelumnya harus dilakukan dengan banyak proses, sekarang bisa diselesaikan dengan satu ketukan tombol shortcut dan menggerakkan mouse sesuai dengan areal gambar yang ingin ditangkap. Software ini cukup kompak dan minimalis. Ukuran installernya sendiri "cuma" berukuran 3.3 MB. didalamnya hanya terdapat pengaturan untuk mengatu cara menggunakan software itu sendiri, mengatur format file, dan mengatur settingan umum lainnya.

Software ini dibuat oleh perusahaan Wisdom Software Inc, sebuah perusahaan yang sepertinya emang bergerak dibidang pembuatan software khusus untuk Capturing dan Image Recorder. Diberikan secara gratis untuk versi Free dan seharga USD 30 untuk Versi yang Pro. Melihat dari informasi yang mereka berikan melalui website, kelebihan Versi Pro terletak dari ketersediaannya program editing, model - model Rectangular dan kemampuan untuk mengirim hasil Capture langsung ke Email. Untuk aku pribadi, Versi Free sudah lebih dari cukup dalam membantu pekerjaan sehari - hariku.

Aksi Pertama

Setelah mendownload, dan melakukan instalasi, kita dapat langsung memanggil dan menjalankan software tersebut. Apabila berhasil dibuka maka kita akan bertemu dengan halaman pembuka. Terdapat 3 tab besar disana yaitu From, To dan Advanced. Pada tab From kita dapat melakukan perubahan konfigurasi untuk tombol cepat, jenis Capture ( Rectangular, Full screen, active desktop ). Pada tab To, kita dapat mengatur apakah hasil capture disimpan sebagai Clipboard atau sebagai file ataupun keduanya. Kita juga dapat mengatur Format file dapat bentuk GIF, JPG atau BMP. Untuk settingan lainnya dapat dilihat melalui tombol Advanced.

arealuntuk memulai mengCapture, silahkan tekan Capture Now, dan seketika akan muncul areal yang ditandai dengan garis merah (X,Y) disana juga terdapat informasi posisi awal kita terhadap monitor. untuk menentukan areal capture, kita harus melakukan klik mouse dan mulai menarik garis sesuai areal yang kita inginkan, dan akhiri dengan melepas tombol mouse...tada..!! makan areal capturan td akan disulap menjadi file dangan ukuran seperti yang kita inginkan.

 

 

 

Mudah banget yak......karena itu Aku merekomendasikan banget software kita yang satu ini....klo pengen coba langsung aja klik link berikut :

Download Screen Capture 5.1 Free

Update : 19/05/2010, 10:43 WIB

Bookmark and Share

Komentar
Ahmad Mizan
16/04/2010, 09:38 WIB
"...Makasih sob..ini yang gw cari cari...
Ngomong ngomong boleh tukeran link nggak?..."
ladygogo
16/04/2010, 12:22 WIB
"...sy dah cobain softwarenya,mas... mantep ni... hehehe,thx yaa dah kasi tau...
eh mas, sy masi penasaran ni, gmn ya caranya bikin capture buat tampilan di luar OS, jd tanpa masuk OS, misal kyk bikin capture BIOS,SS pas nginstall software ato driver gt, apa ada softwarenya..? sy dah googling, tp paling mentok jawabnya diphoto doang.. bantuin yah, mungkin mas tau gmn caranya...makasi ya sebelumnya......"
Likaliku
16/04/2010, 21:25 WIB
"...@ Ahmad : Boleh bos.....pm aye aja...

@ Ladygeger : Klo tuk capture bios kayaknya mesti pake virtual PC gt...ndak bisa dicapture langsung......"
wahyu
19/04/2010, 18:32 WIB
"...wak direc link donlotnya ndak jalan lagiii neeeeeh ..."
Likaliku
20/04/2010, 15:37 WIB
"...Wew...sorry....tuh udah diupdate....monggo disedot......."