Musim Kelam Si Nyonya Tua Juventus
Ditulis Oleh Likaliku, 10/05/2010

Juventus-season

Pagi ini aku sedikit lemes, bukan karena aksi ku tadi malam..hehehe..tp karena perasaanku lagi gundah. Juventus, klub bola yang setiap mendengar namanya disebut, aku langsung kebayang raksasa penindas di sepakbola, kuat , besar, hebat n punya segudang gelar, harus melewati musim 2010 dengan hasil kelam. Peringkat ke Tujuh dengan Total 14 kekalahan di seria A dan  kemenangan hanya 16 ( cuma surplus +3 gol ) bener bener buat nyesek. Di kepala udah kebayang musim depan, tak ada nama Juventus bakal disebut di penayangan Liga Champion. Bener bener menyedihkan.

Sebagai Juventini "ecek-ecek" aku udah pernah memprediksikan hasil ini sekitar 8 bulan yang lalu di Grup Juventini Kaskus, memang seh aku ndak secara jelas bilang juventus bakal berada di posisi ke tujuh, aku sempat ngutarain tentang harapan dan penerawanganku terhadap Juventus di musim 2009 - 2010. Waktu itu aku bilang kalo Aku ndak terlalu berharap ndak yakin , klo Juventus bisa juara serie A, apalagi juara Liga Champion Eropa. Target realistis ku yaitu bisa finish di zona champion n langsung lolos ke fase grup ( minimal peringkat ketiga seria A ), menembus perempat final liga champion n juara Copa Italia 2010.

Sesaat setelah aku posting, banyak banget Juventini disana yang protes, ada yang bilang klo aku Juventini yang pesimistis, Juventini Bego, sampe ada yang bilang Aku Juventini Jadi Jadian. Waakakka....begitulah fanatisme....Aku seh harap maklum aja, toh setiap orang bebas berekspresi n berkomentar.

Ada alasan kuat kenapa aku ragu Juventus bisa berprestasi tinggi di seria A musim 2009 - 2010 . Salah satu nya Faktor dari luar, semakin matangnya klub pesaing di seri A terutama Inter Milan, dibawah asuhan Mourinho, geliat mereka di bursa transfer bener bener membuat aku deg degan, kedatangan Milito, Eto'o juga playmaker favoritku Wesley Sneider bisa menggambarkan betapa mengerikannya mereka.

Bandingkan dengan Juventus yang malah "hanya" mendatangkan Diego ribas, Felipe Melo ama Martin Caceres. Mereka memang pemain hebat juga, tapi aku lebih ngeliat mereka itu rising star, muda, berbakat n baru baru aja menjejakkan kaki ke arah status "pemain hebat", yang artinya dari segi kemantangan n konsistensi permainan, mereka belum bener bener teruji, n itu terbukti dengan penampilan angin anginan mereka musim ini...

Selain itu faktor internal Juventus sendiri juga berperan sangat besar, Gonta Ganti pelatih yang hobi dilakukan managemen sejak 3 tahun lalu bener bener membuat Juve ndak pernah benar benar menuju kematangan permainan. Dimulai dari Deschamps yang berhasil mengangkat Juventus dari serie B, diakhir musim perselisihan Deschamps dengan managemen membuat dia disingkirkan. Tampuk Pelatih lantas diterusin ama CR ( Claudio Ranieri ), Aku pribadi termasuk orang yang kurang yakin sama kemampuan Ranieri membawa tim jadi juara ( karena track recordnya juaranya emang blon ada ), meskipun di akhir klasemen Juventus setia membuntuti n ngasih tekanan ke Inter Milan.

CR pun akhirnya di ganti oleh Ciro Ferrara, orang dalam Juventus ini memberikan awalan yang sangat menjanjikan, tapi ada satu kesalahan Non Teknis yang dilakukan CF , yaitu menyia-nyiakan Alex Delpiero :)), yang berujung pada tidak stabilnya N KETIABAN SIALNYA lini depan, mandul n kurang tajam
( hehhehe becanda kale ), tapi yang pasti CF "kurang berhasil ". Pelan Pelan tapi pasti Juventus masuk ke jurang kekalahan yang membuat CF pun harus angkat kaki. Di sisa Musim, Om giliran Om Zac dikasih jatah, Hasilnya? Om Zac ngasih 5 kekalahan ( hanya di seria A aja ) buat Juventus di masa kepelatihannya.

N banyak faktor laennya, yang hanya bisa dilihat lebih jelas oleh orang - orang yang berkompeten dengan Juventus, bukan Juventini " Ecek -  ecek " seperti aku. Tapi apapun itu Musim udah usai, kegagalan dah dicatat dalam buku sejarah Klub. Penyesalan tak akan mengembalikan musim, dan Posisi yang lebih tinggi dari peringkat 7 juga tak akan mungkin dicapai. Tanpa Gelar - Tanpa kesempatan unjuk gigi di eropa.

Tapi sebagai orang Indonesia yang penyabar, aku pikir selalu ada sisi hikmah dibalik kegagalan Juventus menembus Zona Eropa. Juventus bisa fokus di kancah domestik musim depan, sambil berharap klub klub Italia yang bermain di Eropa mumet, pusing menetapkan prioritas dan akhirnya tercecer di Serie A...Semoga aja.....semoga aja Juventus bisa buka puasa gelar musim 2010 - 2011.

" Next year we have to restart with the will of all that makes up Juventus " Delpiero - 10

Setelah membaca tulisanku sendiri...aku sadar, sebagai juventini aku berada di jalan yang benar, mendukung dan tetap realistis pada keadaan. Bersorak sorai di saat meraih kemenangan, Semangat di waktu waktu kekalahan. Dan tetap berharap, musim ditutup dengan posisi yang baik bahkan juara..Forza Juve...Forza Juve...Juventus del mio cuore !
( Aku Bukan cuma pengoar mimpi selangit atas dasar fanatisme. Bodoh !! Sayangnya sebagian kecil Juventini seperti itu...).

Update : 19/05/2010, 10:38 WIB

Bookmark and Share

Komentar
firdi-internisti
10/05/2010, 15:34 WIB
"...semoga tahun depan juve bisa sedikit memberi tekanan kepada kami(internazionale)..

kekekeke..."
David
10/05/2010, 16:01 WIB
"...Musim Depan waktunya AS Roma merajalela..."
Likaliku
10/05/2010, 16:44 WIB
"...Piyu : Kudoakan Inter kalah di pertandingan terakhir..amin.....wakwakwka

David : AS Roma? kyk pernah denger......"
=from yogya with love=
11/05/2010, 17:20 WIB
"...sukurinnnn... weekkk wekkk......."
Likaliku
11/05/2010, 20:28 WIB
"...hussh...ada kecebong sexy......"